jump to navigation

PS3 Hadir, PC Gaming Minggir! 15 Oktober 2009

Posted by agunghardiansyah in Info Komputer.
trackback

Setelah XBOX360 merajai konsol next gen belakangan ini, November yang lalu Sony secara resmi meluncurkan Playstation 3 yang banyak dinantikan seluruh lapisan masyarakat di dunia. Seberapa besar pengaruhnya terhadap penggemar PC Gaming? Dan apa saja kelebihannya dibandingkan dengan konsol lain dan PC? 

Tepat pada 11 November 2006 jam 07.00 waktu Jepang, Playstation 3 atau yang lebih dikenal dengan sebutan PS3 mulai dipasarkan di Jepang. Animo masyarakat jepang akan PS3 memang cukup luar biasa, di mana pada sebuah pusat perbelanjaan lebih dari 1000 orang rela mengantri untuk mendapatkan konsol ini. Pada hari pertama atau hanya dalam waktu 24 jam saja di negara Matahari Terbit tersebut PS3 mampu terjual sebanyak 81.639 unit. Suatu jumlah yang luar biasa menurut kami mengingat harga yang dibanderol untuk ukuran orang Jepang pun masih cukup mahal, yaitu sekitar US$420 untuk PS3 tipe basic dan US$508 untuk PS3 tipe premium.

Berbeda lagi dengan peluncuran di USA. Di USA PS3 mulai dipasarkan pada 17 November 2006, perkiraan penjualan konsol ini adalah sekitar 125.000 unit sampai dengan

175.000 unit termasuk 15.000 demo unit yang sudah dikeluarkan sebelumnya. Jumlah ini ternyata masih jauh dari yang diharapkan oleh pihak sony. Untuk kawasan Eropa sendiri PS3 akan mulai dipasarkan pada Maret 2007.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada yang menjual konsol ini, namun dari pemantauan kami harga yang dipatok oleh penjual sangat tinggi, yaitu berkisar antara Rp8,5 juta sampai dengan Rp10,5 juta untuk tipe premium. Harga yang cukup “gila” kami rasa mengingat harga resminya adalah sekitar US$499 untuk tipe basic dan US$599 untuk tipe premium.

PS3 atau PC Gaming
Anda kebingungan untuk memilih antara membeli sebuah PC high-end atau sebuah konsol? Memang untuk saat ini PS3 hanya berfungsi sebagai perangkat multimedia. Selain untuk bermain game, ia juga bisa digunakan untuk menonton fi lm DVD atau memutar musik, namun PS3 tidak bisa digunakan untuk bekerja. Misalkan Anda ingin membuat laporan mingguan, atau mengerjakan pekerjaan grafis tentu Anda tidak bisa menggunakan konsol PS3 ini, yang Anda butuhkan adalah sebuah PC.

Namun bukan tidak mungkin konsol PS3 ini nantinya akan menjadi sebuah PC, di mana semua perangkat yang ada didalam PC ada semua di konsol PS3 ini. Seperti processor, graphic card, RAM, LAN Card bahkan Wi-Fi sudah ada di konsol ini. Perubahan dari konsol ke PC sudah dilakukan konsol next gen pesaingnya, yaitu XBOX360, yang tidak lama lagi akan menyediakan keyboard dan mouse sehingga konsol tersebut bisa digunakan sebagai PC.
Spesifikasi dari PS3 tersebut juga bisa dikatakan super. Konsol ini memakai Cell Processor dengan kecepatan 3,2 GHz yang dikembangkan oleh tiga pabrikan berbeda, yaitu Sony, IBM, dan Toshiba. Yang membuat konsol ini disebut sebagai konsol super adalah ia memiliki tujuh buah core dalam satu die processor yang masing-masing bekerja pada

3.2 GHz. Jauh lebih tinggi dari processor PC yang saat ini masih memakai quad (empat) core dalam dua die. Graphic card yang digunakan dalam konsol ini adalah nVIDIA RSX dengan bandwidth sebesar 550 MHz dan memakai RAM GDDR3 sebesar 256 MB. Konsol ini mampu menghasilkan performa sebesar 2.0 TFLOPS untuk system dan 1.8 TFLOPS untuk graphic. Tidak kalah rasanya dengan video card terbaru dari nVIDIA yang memakai chipset 8800.

Kelebihan lain dari konsol ini adalah ia sudah menggunakan Blue-ray Disc ROM (BD-ROM), BD-ROM tersebut untuk saat ini jika dijual terpisah harganya bisa mencapai US$1.000. Dengan spesifikasi sedemikian “hebat”, pantas jika konsol ini disebut dengan Super “mini” Computer. Susah bukan, untuk memilih antara PS3 dan PC gaming? Untuk lebih gampangnya, pastikan dulu untuk keperluan apa Anda membeli perangkat tersebut. Jika Anda membutuhkan perangkat untuk hiburan atau home entertainment, konsol ini bisa dilirik. Namun jika Anda lebih membutuhkan sebuah perangkat untuk bekerja, saat ini PC masih menjadi pilihan utama. 

Hacking PS3

PS3 memang baru saja resmi diluncurkan, tapi para hacker sudah mulai melakukan berbagai cara untuk meng-hack konsol ini. Bahkan dari pantauan kami, beberapa situs yang ada di Internet sudah mulai melombakan untuk meng-hack konsol ini supaya bisa memainkan game-game back-up (baca: bajakan). Pada salah satu situs yang kami temukan di www. netscape.com, bahkan dideskripsikan secara gamblang bagaimana cara menginstal Linux dalam konsol PS3 tersebut. Distro linux yang digunakan adalah fedora core 5 PPC edition.

Dengan menginstal Linux dalam PS3 terse-but, game-game back-up sudah bisa dijalankan meskipun masih belum begitu sempurna, sebagai contoh pada salah satu situs menyebutkan, mereka mencoba meng-copy game Madden 07 yang berbentuk ISO sebesar 7 GB kedalam hardisk PS3 tersebut dan kemudian tanpa kesulitan mereka bisa memainkan game tersebut dengan lancar. Hal tersebut sama dengan yang terjadi pada konsol handled PSP (Playstation Portable). Tidak tahu harus berkata apa, memang para hackers tersebut selalu menemukan cara untuk “mengakali” 
sesuatu yang baru. Di sini rupanya pabrikan ditantang untuk seminimal mungkin meluncur-kan produk yang masih mempunyai celah atau bugs di dalamnya. Termasuk Sony di sini, ia harus selalu meng-update BIOS secara berkala supaya PS3 benar-benar bebas hacking.
Cara yang lain untuk meng-hacking konsol ini, dengan memasang mod-chip didalam mesin tersebut. Hal ini banyak dijumpai pada konsol PS2 yang beredar di Indonesia, dengan ditambahkannya mod-chip pada konsol terse-but, maka dengan leluasa konsol tersebut bisa memainkan game-game bajakan. Entah kapan mod-chip untuk PS3 akan tercipta, namun rasanya tinggal menunggu waktu saja.

Hardware Konsol Next Gen

Saat ini yang bisa disebut dengan Next Gen konsol adalah PS3, XBOX360 dan Wii. Masingmasing dari konsol tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Konsol next gen saat ini tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game saja, namun lebih multifungsi bahkan dibandingkan PC sekalipun.

Jika Anda mengintip apa yang ada di dalam konsol-konsol next gen tersebut tentu sedikit banyak Anda akan terkejut. Hardware yang ada di dalam konsol tersebut sama persis dengan hardware yang ada dalam PC, bedanya hardware pada konsol terintegrasi dalam satu board, sedangkan PC terbagi-bagi dari berbagai hardware. Bahkan kemampuan konsol next gen tersebut mampu melebihi kemampuan PC tercanggih yang ada saat ini.
PS3 mengandalkan processor dengan 7 core dalam satu processor, ia menggunakan processor cell broadband dengan kecepatan 3.2Ghz dengan dukungan graphic berbasis nVIDIA RSX 550 MHz dengan memakai RAM berjenis GDDR3 256 MB. Berbeda lagi dengan konsol dari Microsoft, XBOX360 menggunakan processor Power PC Xenon dengan kecepatan 
3.2 GHz, processor ini memiliki 3 core yang ma-sing-masing berjalan pada 3.2 GHz. Kekuatan graphicnya didukung ATi Xenos 500MHz. Dan konsol yang paling “hemat” menurut kami adalah Nintendo Wii. Konsol ini menggunakan processor IBM Power PC dengan kode “broadway” yang diklaim berkecepatan 1.1 GHz dan didukung graphic yang dikembangkan oleh ATi dengan kode “hollywood”.
Jika dibandingkan dengan hardware yang ada dalam PC, memang terlihat cukup seimbang antara konsol dan PC. Namun harus diakui, memang untuk spesifi kasi yang dimiliki PS3 memang jauh melampaui PC tercanggih sekalipun. Bayangkan saja, PS3 mempunyai processor sebanyak 7 core yang masing-masing bekerja pada 3.2 GHz, sedangkan pada PC processor yang tercepat saat ini adalah dari Intel yang memiliki 4 core yang diberi kode “kentsfield”. Belum lagi pada PS3 sudah dilengkapi BD-ROM (Blue-Ray Disc ROM), sedangkan pada PC BD-ROM belum banyak tersedia dan kalaupun tersedia harganya bisa mencapai Rp10 juta. Untuk saat ini memang konsol next gen tidak hanya bisa disebut dengan konsol, namun sudah pantas disebut dengan PC. Karena fungsi dan spesifi kasinya yang lama-kelamaan makin menyamai PC, bahkan melebihi PC.
Tertarik untuk membeli konsol next gen dan menyingkirkan PC high-end Anda? Mungkin saat ini bukan saat yang tepat untuk melakukan hal tersebut, namun kedepan hal tersebut bisa saja Anda lakukan tergantung seberapa cepat pengembangan yang dilakukan oleh para produsen komponen PC.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: